Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Nanas

Advertisement
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Nanas - Tanaman Nanas (Ananas comosus) adalah tanaman buah yang berupa semak. Tanaman nanas ini hidup di waktu tertentu saja, dan hanya satu musim yaitu musim kering dalam setahun (perennial). Tanaman Nanas ini merupakan jenis tumbuhan tropis yang berasal dari Bolivia, Brazil, dan Paraguay. Tanaman Nanas ini telah menyebar ke pelosok dunia termasuk ke Indonesia.
Morfologi Tanaman Nanas @ enkivillage.com
Tanaman Nanas ini memiliki buah yaitu Buah Nanasyang mengandungvitamin, mineral, dan enzim serta antioksidan dalam takaran yang cukup besar. Dengan kandungan nutrisi di dalamnya, buah nanas ini dapat membantu meredakan asam lambung, mengurangi peradangan, serta membantu memecah protein hewani. Selain itu, buah Nanas juga mengandung fosfor yang bermanfaat untuk menghentikan osteoporosis. Sayangnya, buah Nanas ini mengandung zat bromelian yang cukup tinggi sehingga tidak boleh dimakan oleh ibu hamil.

Buah nanas juga sering dikonsumsi masyarakat dalam keadaan segar maupun dalam keadaan minuman (jus). Selain rasanya yang lezat, buah ini juga terasa segar dan sedikit asam. Terkadang ada juga yang merasakan lidahnya gatal ketika makan buah nanas. Hal ini dikarenakan ketika mengonsumsi buah nanas, setelah dikupas tidak dicuci dengan air garam melainkan dicuci dengan air biasa. Karena, garam dapat menghilangkan getah buah nanas sehingga tidak timbul gatal di lidah ketika kita memakannya. Adapun Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Nanas adalah sebagai berikut :

Klasifikasi Tanaman Nanas
Kingdom Plantae
Divisi Magnoliopphyta
Kelas Liliopsida
Ordo Bromeliales
Famili Bromeliaceae
Genus Ananas
Spesies Ananas comosus
Morfologi Tanaman Nanas

a. Akar

Akar pada Tanaman Nanas memiliki dua jenis akar yang dapat kita bedakan, yaitu akar tanah dan akar samping. Akar Tanaman Nanas termasukke dalamakar serabut. Akar Tanaman Nanas tumbuh dari batang yang kemudian masuk lebih dalam di ruang antara batang dan daun. Sehingga, akar Tanaman Nanas akan menjadi pipih dan melingkar dikarenakan akar dalam keadaan terjepit.

b. Batang

Batang pada Tanaman Nanas tidak hanya sebagai tempat tumbuhnya akar, tetapi juga tempat melekatnya daun, bunga, tunas dan juga buah. Sehingga, batang nanas seringkali tidak terlihat. Selain itu, batang Nanas juga relatif pendek sekitar 20-30 cm. Sedangkan tangkai bunga atau buah pada Nanas merupakan hasil dari perpanjangan batang.

c. Daun

Daun pada Tanaman Nanas berbentuk seperti pita yang sangat panjang, berukuran panjang sekitar 130 – 150 cm dan lebar sekitar 3 – 5 cm. Permukaan daun bersifat halus dan mengkilap,serta berwarna hijau tua, namun terkadang berwarna merah tua atau coklat kemerahan. Jumlah daunnya tiap batang sekitar 70 – 80 helai daun. Letak daun Nanas berbentuk spiral, mengelilingi batang bahkan hingga batangnya sendiri tidak terlihat. Selain itu, daun Tanaman nanas juga tidak memiliki tulang daun (nervatio/ veneratio).

d. Bunga

Bunga pada Tanaman Nanas memiliki rangkaian bunga majemuk (inflorecentia) pada ujung batangnya. Bunga nanas ini bersifat hermafrodit (bunga sempurna), karena dalam satu bunga terdapat putik (pistillum) dan benang sari (stamen). Bunga pada Tanaman Nanas ini berjumlahsekitar 100 – 200 kuntum bunga dalam satu tanaman. Karena bunga nanas ini akan membuka setiap hari sekitar 5-10 kuntum bunga. Dan  Bunga Nanas ini terletak pada ketiak daun pelindung. Pertumbuhan Bunga Nanas ini memakan waktu 10 – 20 hari, sedangkan munculnya bunga itu sendiri memakan waktu 6 – 16 bulan dari waktu pertama kali penanaman.

e. Buah

Buah pada Tanaman Nanas merupakan buah majemuk yang terbentuk dari gabungan 100-200 kuntum bunga dan bentuknya bulat memanjang. Pada buah nanas terdapat mata buah nanas yang merupakan bekas putik dari Bunga Nanas. Ukuran, bentuk, rasa, dan aroma Buah Nanas tergantung jenis varietasnya. Pada umumnya Buah Nanas berwarna orange kekuningan ketika sudah masak dan berwarna hijau ketika masih muda. Namun, daging buah nanas berwarna kuning. Buah Nanas ini bisa dipanen sekitar 5-6 bulan setelah Tanaman Nanas ini berbunga. Dan di bagian atas bunga terdapat mahkota bunga (Corolla) yang dapat digunakan untuk perbanyakan tanaman.

Advertisement
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Nanas | Unknown | 5