Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Padi Terbaru

Advertisement
Morfologi dan Klasifikasi Padi - Tanaman Padi (Oriza sativa) merupakan tanaman yang berasal dari dua benua yaitu Asia dan Afrika, dari daerah beriklim Tropis dan Sub Tropis. Bukti sejarah memperlihatkan bahwa penanaman padi di Zhejiang (Cina) dimulai pada 3.000 tahun sebelum masehi. Fosil butir padi dan gabah ditemukan di Hastinapurr Uttar Pradesh (India) sekitar 100-800SM. Selain Cina dan India, beberapa wilayah asal padi adalah Bangladesh Utara, Burma, Thailand, Laos, Vietnam.
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Padi
Morfologi Tanaman Padi @ slideserve.com
Padi merupakan makanan pokok atau bisa dikatakan makanan wajib bangsa Indonesia. Karena pada padi (nasi), terdapat glukosa yang cukup untuk memenuhi kalori harian tubuh. Dahulu, Indonesia pernah sampai mengeksplor padi ke luar negeri. Namun seiring berjalannya waktu dan bertambahnya penduduk yang melesat, Indonesia mengimpor padi dari luar negeri. Tanaman padi merupakan tanaman berpembuluh (Tracheabionta) dan tergolong dalam famili Padi-padian (Graminae). Berikut inilah klasifikasi dan morfologi tanaman padi:

Klasifikasi Tanaman Padi


Kingdom Plantae
Sub Kingdom   Tracheabionta
Divisi Spermatophyta
Sub divisi Angiospermae
Kelas Liliopsida
Ordo Poales
Famili Graminae
Genus Oryza Linn
Spesies Oryza sativa L

Morfologi Tanaman Padi 

a. Akar 

Akar pada tanaman padi dapat dibedakan menjadi beberapa bagian, yaitu:
  1. Radikula : akar yang tumbuh pada saat benih berkecambah. Pada benih yang berkecambah tumbuh calon akar dan batang. Calon akar mengalami pertumbuhan kearah bawah sehingga terbentuk akar tunggang, sedangkan calon batang akan tumbuh keatas sehingga terbentuk batang dan daun.
  2. Akar serabut : akar serabut akan tumbuh apabila akar tunggang terbentuk setelah 5 sampai 6 hari.
  3. Akar rambut : pada akar tunggang dan akar serabut akan tumbuh bagian akar yang keluar. Bagian tersebut merupakan akar rambut.
  4. Akar tajuk : dari ruas batang yang paling rendah akan tumbuh akar yang disebut sebagai akar tajuk. Akar tumbuhan yang masih muda berwarna putih, sadangkan akar tumbuhan yang telah mengalami perkembangan (dewasa) berwarna coklat.
b. Batang 

Batang pada tanaman padi yaitu beruas-ruas, seperti tanaman tebu. Ruas-ruas pada padi merupakan bubung kosong.Pada kedua ujung bubung kosong itu bubungnya ditutup oleh buku. Panjang ruasnya tidak sama. Ruas pada pangkal batang adalah ruas terpendek, ruas kedua, ketiga, dan seterusnya berukuran lebih panjang dari ruas sebelumnya.

c. Daun 

Daun tanaman padi menyerupai daun rumput-rumputan. Namun, pada tanaman padi bersisir dan memiliki daun telinga. Daun pada tanaman padi merupakan daun tidak lengkap, karena hanya memiliki helaian daun (lamina) dan upih daun (vagina), tidak memiliki tangkai daun (petiolus). Helaian daun (lamina) berbentuk bangun pita (ligulatus), susunan tulang daun (nervatio) bertulang sejajar (rectinervis), warna daun hijau sampai hijau kekuningan, permukaan daun berbulu kasar (hispidus).

d. Bunga

Bunga pada tanaman padi termasuk bunga telanjang. Artinya, memiliki perhiasan bunga. Bunga pada tanaman padi merupakan bunga banci, karena terdapat putik (pistilum) dan benang sari (stamen) dalam satu bunga. Bunga padi termasuk bunga majemuk tak berbatas (inflorecentia racemosa) yang berbentuk malai (panicula) bunga pada tanaman padi berwarna hijau kekuningan, jika telah matang atau sempurna bunga akan menjadi padi dan berwarna kuning pekat.

e. Buah

Buah pada tanaman padi adalah biji yang sehari-hari kita sebut sebagai biji/butir/gabah, sebenarnya bukan biji melainkan buah padi yang tertutup oleh lemma dan palea. Buah ini terjadi setelah selesai penyerbukan dan pembuahan. Lemma dan palea serta bagian lain akan membentuk kulit gabah atau sekam. Buah tanaman padi ini termasuk buah sejati tunggal kering (siccus).
Advertisement
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Padi Terbaru | Unknown | 5