Klasifikasi dan Morfologi Berbagai Jenis Buah Mangga Terbaru

Advertisement
Klasifikasi dan Morfologi Mangga - Mangga merupakan tumbuhan yang berasal dari Indiayang kini menyebar sampai ke seluruh dunia termasuk ke Indonesia sejak 1500 tahun silam. Indonesia terkenal sebagai salah satu negara yang dapat menghasilkan mangga dengan kualitas terbaik. Hal ini dikarenakan buah ini membutuhkan iklim curah hujan yang baik untuk tumbuh subur. Selain itu, Indonesia termasuk salah satu negara yang mempunyai curah hujan cukup baik. Indonesia juga dikenal sebagai penghasil jenis mangga, yaitu Mangi feraindica L. (contoh:mangga manalagi, golek, arum manis) dan Mangi ferafeotida (contoh: mangga kweni dan kemang).
Klasifikasi dan Morfologi Mangga
Klasifikasi Mangga @ wikimedia.com
Buah dari tanaman mangga sering dikonsumsi bahkan digemari banyak orang karena rasanya yang manis dan menyegarkan. Namun ketika buah mangga masih muda, rasanya asam tapi sudah bisa dikonsumsi, dan biasanya dibuat rujak buah ataupun es buah. Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan zat karotenoid yang kaya akan antioksidan, vitamin C dan E, serta dapat menumpas kanker. Sedangkan pada getah dari mangga sendiri juga dapat berguna untuk obat pereda rasa nyeri. Dan juga daun tanaman mangga dapat dimanfaatkan untuk mencegah penyakit Diabetes karena mengandung tanin dan anthocyanin.

Dalam ilmu Taksonomi, mangga (Mangifera sp.) merupakan tumbuhan berkeping dua (dicotyledon), dari family Anacardiaceae dan merupakan kelompok tumbuhan berbiji (Spermatophyta) khususnya tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae). mangga termasuk kedalam marga Mangifera yang terdiri dari 35-40 anggota. Nama ilmiah tanaman ini adalah Mangiferaindica. Pohon mangga termasuk tumbuhan tingkat tinggi yang struktur batangnya (habitus) termasuk kelompok Arboreus, yaitu tumbuhan berkayu yang mempunyai tinggi batang lebih dari 5m. Mangga bisa mencapai tinggi 10 – 40m. Beberapa spesies mangga diantaranya Mangifera indica, Mangifera laurina, Mangifera lalijiwa, Magifera casturi, dan masih banyak lagi. Adapun klasifikasi dan morfologi mangga yaitu sebagai berikut:

Klasifikasi Tanaman Mangga

Kingdom      : Plantae
Sub Kingdom : Viridiplantae
Divisi : Spermatophyta
Sub Divisi         : Angiospermae
Kelas : Dicotyledon
Ordo : Spindales
Famili : Anacardiaceae
Genus : Mangifera
Spesies : Mangifera indica.

Morfologi Tanaman Mangga

a. Akar
Akar pada tanaman mangga yaitu tunggang dan akar cabang. Akar tunggang memiliki panjang hingga mencapai 60 cm. Akar tunggang tumbuh untuk mencari sumber air, setelah menemukannya, akar tunggang ini akan bercabang menjadi banyak.

b. Batang
Batang pada tanaman mangga yaitu tegak, lurus, dan kuat. Kulit batangnya tebal dan kasar dengan celah-celah kecil dan sisik-sisik bekas tangkai aun. Warna kulit batang (pepagan) yang sudah tua berwarna coklat keabuan, kelabu tua,sampai hampir hitam.

c. Daun
Mangga mempunyai daun yang berwarna hijau tua, sehingga jika terlihat lebih sejuk. Mangga (Mangiferaindica) merupakan tanaman yang tergolong berdaun tunggal karena pada tangkai daunnya hanya terdapat satu helaian daun. Mangga mempunyai deskripsi bangun daun (circumsriptio) berbentuk lanset (lanceolatus), daging daun (intervenum) berbentuk seperti kertas (papyraceus), tepidaun (margofolii) yaitu rata (integer), ujung daun (apex folii) yaitu meruncing (acuminatus), pangkal daun (basis folii) yaitu runcing (acutus), pertulangan daun (nervatio) yaitu menyirip (penninervis), permukaan daun yaitu kasap (scaber), dan duduk daun tersebar (folio sparsa).

d. Bunga
Bunga pada tanaman mangga merupakan bunga majemuk (inflorecentia), tumbuh dari tunas ujang dan terangkai dalam tandan berbentuk bunga kerucut. Ukuran bunga tergolong kecil, diameternya berkisar antara 6-8mm. Bunga mangga berumah dua (dioceus), berkelamin dua (hermafrodit), dan berwarna kuning.

e. Buah
Buah mangga berbentuk bulat, lonjong, oval, hingga lonjong memanjang, tergantung varietasnya. Ketika masih muda akan berwarna hijau, ketika tua berwarna kuning. Buah dari tumbuhan ini berdaging tebal dan berkulit tipis. Mangga sendiri termasuk kelompok buah batu (drupa) yang berdaging, dengan ukuran dan bentuk yang berbeda-beda bergantung pada macamnya, mulai dari bulat (misalnya mangga gedong), bulat telur (gadung, indramayu, arum manis) hingga lonjong memanjang (mangga golek).

f. Biji
Biji pada tanaman mangga adalah berkeping dua (dicotyledon). Biji buah mangga berukuran besar, berstruktur keras dan sedikit kasar, berwarnaputih, berbentuk gepeng memanjang tertutup endokarp yang tebal, mengayu dan berserat.
Advertisement
Klasifikasi dan Morfologi Berbagai Jenis Buah Mangga Terbaru | Unknown | 5