Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Nangka

Advertisement
Klasifikasi dan Morfologi Nangka - Tanaman Nangka (Artocarpus heterophyllus) adalah tanamanbuah yang berasaldari India danmenyebarluaske berbagaidaerahtropis, termasuk ke Indonesia.Tanaman Nangka juga termasuk tanaman pohon. Pohon nangka ini umumnya berukuran sedang, mempunyai tinggi sampai sekitar 20 m, namun ada juga yang mencapai 30 meter. Pohon nangka termasuk ke dalam bangsa Urticales dan termasuk dalamsuku Moraceae. Dalam Bahasa Inggris, nangka dikenal dengan istilah Jackfruit.

Tanaman Nangka ini merupakan tanaman yang unik, karena seluruh bagian tubuhnya mengeluarkan getah putih pekat apabila dilukai. Getah ini sangat lengket jika terkena tangan dan sulit sekali untuk dihilangkan. Kebanyakan orang menghilangkan getah nangka ini menggunakan minyak. Mulai dari minyak tanah, minyak goreng, tiner, sampai minyak kayu putih.
Morfologi Nangka @ cara-tanam.tk
Pada Tanaman Nangka yang banyak di manfaatkan oleh manusia adalah bagian buahnya. Buah Nangka ini beraroma harum, rasanya segar dan lezat. Buah nangka sering di konsumsi langsung dalam keadaan segar, dihaluskan menjadi jus nangka, dicampur dalam es maupun kue, diolah menjadi aneka makanan daerah seperti : dodol nangka, kolak nangka, selai nangka dan juga kripik nangka.

Selain itu, Buah Nangka(Artocarpus heterophyllus) juga digunakan sebagai pengharum es krim dan berbagai macam minuman, dijadikan madu – nangka, dan masih banyak lagi. Sedangkan biji nangka yang dikenal sebagai Beton, dapat pula dimanfaatkan menjadi makanan. Bisa direbus kemudian dimakan langsung, bisa dijadikan kolak bersama pisang atau buah sukun, dan juga bisa dimasak dengan cara digoreng.

Selain buah dan bijinya, Tanaman Nangka juga dimanfaatkan bagian pohonnya yaitu untuk produksi instrument musik gamelan, digunakan untuk produksi manufacture furnitue seperti pembuatan pintu, jendela, dan konstruksi atap rumah. Adapun klasifikasi dan Morfologi Tanaman Nangka adalah sebagai berikut :

Klasifikasi Tanaman Nangka 
Genus Artocarpus
Kingdom Plantae
Divisi Magnoliophyta
Kelas Magnoliopsida
Ordo Urticales
Famili Moraceae
Spesies Artocarpus heterophyllus

Morfologi Tanaman Nangka

a. Akar

Tanaman Nangka memiliki akar berbentuk tunggang. Namun juga memilikiakar cabang yang ditumbuhi bulu yang sangat banyak. Akar Tanaman nangka ini dapat menembus permukaan tanah hingga kedalaman 10-15 meter. Selain itu, akar tanaman ini berguna untuk menyokong pertumbuhannya hingga kuat dan berdiri kokoh.

b. Batang

Batang pada tanaman nangka merupakan pohon yang berkayu keras, yang berbentuk bulat, silindris, dan berdiameter sampai sekitar 1 meter. Mempunyai Tajuk yang padat dan lebat, dan juga melebar serta membulat apabila di tempat terbuka.

c. Daun

Daun pada Tanaman Nangka merupakan daun tunggal (folium komplek) dan berbentuk bulat memanjang (oblongus).  Memiliki ujung daun (apex folii) berbentuk meruncing (acuminatus), memiliki tepi daun (margo folii) berbentuk rata (integer), serta memiliki tulang daun (nervatio/ veneratio) bertulang menyirip (penninervis). Selain itu, memiliki daging daun (intervenum) yang tipis lunak (herbaceus), dan juga permukaan atas daun licin (laevis) dan mengkilap (nitidus) dengan warna hijau tua. Sedangkan permukaan bawah daun kasar (scaler) dan berwarna hijau muda. Daun pada tanaman Nangka juga memiliki daun penumpu yang berbentuk segitiga dengan warna kecoklatan.

d. Bunga

Bunga pada Tanaman Nangka merupakan bunga berumah satu (monoecious). Artinya, dalam satu tanaman terdapat bunga jantan dan juga bunga betina. Bunga ini muncul pada ketiak daun yang pendek dan khusus, yang tumbuh pada sisi batang atau cabang tua. Bunga jantan ini memiliki ciri khas berbentuk gada yang membengkok dan berwarna hijau tua. Sedangkan bunga betina memiliki bentuk silindris dan pipih. Pada Tanaman Nangka ini, proses pembuahan sering terjadi pada kelopak bunga (Calyx) dan benang sari (stamen). Biasanya dalam proses penyerbukan di bantu oleh angin dan juga binatang sekitar.

e. Buah

Buah pada Tanaman Nangka merupakan buah majemuk (syncarp) dan berbentuk gelendong memanjang. Pada sisi luar membentuk duri pendek yang lunak. Daging buah yang sesungguhnya merupakan perkembangan dari tenda bunga. Daging Buah ini berwarna kuning keemasan apabila telah masak, berbau harum-manis, berdaging, dan kadang-kadang berisi cairan (nektar) yang manis. Namun ketika buah nangka masuh muda, buahnya berwarna putih dan coklat, biasanya dimanfaatkan untuk sayuran. Buah nangka ini tumbuh pada batang dan juga percabangan. Di dalam buah nangka, terdapat dami – dami yang sebetulnya itu adalah buah nangka yang tidak diserbuki.

f. Biji

Biji pada Tanaman Nangka memiliki bentuk bulat memanjang dan ada juga yang bulat telur. memiliki warna keabu - abuan, dan juga terdiri dari lapisan luar yang tipis dan lapisan dalam yang tebal serta berwarna putih. Selain itu, biji nangka ini diselimuti daging tebal berwarna kekuningan hingga kuning pekat, serta terdapat keping biji yang tidak setangkup.

Advertisement
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Nangka | Unknown | 5