Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Ubi Kayu

Advertisement
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Singkong - Tanaman Ubi Kayu (Manihot esculenta) yang sering kita sebut sebagai singkong dan juga ketela pohon merupakan tumbuhan perdu tahunan tropika dan subtropika. Ubi Kayu ini kita kenal sebagai makan pokok yang berguna sebagai sumber karbohidrat nomor 3 setelah padi dan jagung.  Pada Tanaman Ubi kayu, yang banyak dimanfaatkan adalah bagian umbinya. Umbi ini dijadikan sebagai sumber karbohidrat karena Ubi Kayu ini merupakan Tanaman umbi - umbian yang memiliki cadangan makanan yang banyak didalam umbinya. Ubi Kayu ini mengandung banyak kalori yaitu sekitar 121 kalori tiap 100 gram.
Morfologi Singkong @ubikayuraksasa.blogspot.com
Selain mengandung karbohidrat, Ubi Kayu ini juga mengandung kalsium, protein, vitamin C, vitamin B1, fosfor, zat besi serta lemak. Namun, protein pada umbi Ubi Kayu ini hanya sedikit, karena protein yang banyak terdapat pada daun Ubi Kayu. Daun Ubi Kayu juga mengandung vitamin C, vitamin A, zat besi, dan juga protein yang kadarnya lebih banyak daripada di bagian umbi Ubi Kayu. Daun Ubi Kayu ini kebanyakan dijadikan masakan sayur. Namun, daun Ubi Kayu dan juga umbinya Ubi kayu mengandung asam sianida (HCN).

Asam sianida yang ada pada Ubi Kayu memang bersifat racun, namun Ubi Kayu tetap tidak beracun jika masaknya benar – benar matang dan juga dimasak dengan cara  yang benar dan dengan suhu tinggi. Karena racun sianida bisa hilang ketika terkena suhu tinggi. Walaupun mengandung asam sianida, namun ubi kayu juga bermanfaat untuk kesehatan. Diantaranya adalah dapat menyehatkan jantung dan mengendalikan darah dan menambah darah. Selain itu, ubi kayu juga dapat digunakan untuk penyembuhan penyakit yaitu rhematik, sakit kepala, demam, diare, cacingan, beri-beri, luka bernanah dan dapat menambah stamina. Adapun klasifikasi dan morfologi ubi kayu adalah sebagai berikut :

Klasifikasi Tanaman Ubi Kayu 
Kingdom  Plantae
Divisi    Magnoliophyta
Kelas   Magnoliopsida
Ordo   Malpighiales
Famili     Euporbiaceae
Genus     Manihot
Spesies Manihot esculenta

Morfologi Tanaman Ubi Kayu


a. Akar

Akar pada Tanaman Ubi Kayu merupakan akar tunggang dan termasuk tumbuhan dikotil. Dalam Akar inilah Tanaman Ubi Kayu menyimpan cadangan makanan, dan juga yang akan membesar hingga membentuk  umbinya Ubi Kayu.

b. Batang

Batang pada Tanaman Ubi Kayu berbentuk bulat, panjangg, berkayu, berbuku – buku dan tumbuh memanjang. Panjang batang tanaman Ubi Kayu sekitar 2-3 cm. Sedangkan ukuran diameter pada batang tergantug varietasnya, serta memiliki warna batang kecoklatan dengan ada tonjolan – tonjolan kecil pada batang dan juga terdapat gabus pada bagian dalam batang.

c. Daun

Daun pada Tanaman Ubi Kayu termasuk daun tunggal (folium simplek) yang bertulang daun (nervatio/ veneratio) berbentuk menjari (palminervis). Mempunyai tepi daun (margo folii) berbentuk rata (integer). Daun ubi kayu memiliki tangkai (petiolus) yang panjang dan helaian daunnya menyerupai telapak tangan, dan setiap tangkai mempunyai daun sekitar 3-8 lembar.Selain itu, daun Ubi Kayu juga bersifat cepat luruh yang berumur paling lama hanya beberapa bulan. Daun Ubi Kayu ini berwarna hijau muda ketika masih muda dan dapat dimanfaatkan untuk sayuran serta dapat digunakan untuk menetralisir rasa pahit sayuran lainnya, namun ketika sudah tua berwarna hijau tua.

d. Bunga


Bunga pada Tanaman Ubi Kayu merupakan bunga berumah satu (monoeseus) dengan penyerbukan silang. Bunga ini memiliki tenda bunga tunggal yang berukuran 1 cm. Bunga ini berada dalam tandan yang tidak rapat dan terkumpul pada ujung batang.  Bunga betina pada Tanaman Ubi Kayu ini berbentuk seperti cincin dengan tangkai putik (stylus) yang bersatu. Bunga betina juga ,memiliki tenda bunga, serta tonjolan penebalan dasar bunga (recetaculum) yang berwarna kuning mengelilingi calon buah. Sedangkan Bunga jantan pada Tanaman Ubi Kayu ini juga mempunyai tenda bunga yang berbentuk seperti lonceng, dan tertancap disekitar penebalan dasar bunga serta berlekuk.

e. Buah

Buah pada Tanaman Ubi Kayu disebut sebagai Umbi. Umbi pada Tanaman Ubi Kayu ini terbentuk dari akar yang berubah bentuk dan fungsinya sebagai tempat penyimpanan makanan cadangan. Bentuk umbi pada Ubi Kayu bermacam-macam, namun kebanyakan berbentuk silinder dan meruncing, dan beberapa diantaranya bercabang. Selain itu bentuk umbi biasanya bulat memanjang. Sedangkan daging umbi mengandung zat pati berwarna putih gelap dan tiap tanaman menghasilkan 5-10 buah.
Advertisement
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Ubi Kayu | Unknown | 5